25/03/12

HUBUNGAN FOO DENGAN CAPTAIN PESAWAT

Didalam dunia penerbangan  hubungan kerjanya sangat kompleks, baik antara airline dengan pengelola bandara serta hubungan-hubungan dengan instansi lainnya. Tentu tidak kalah pentinganya hubungan internal airline itu sendiri dengan unit floop (flight operetion officer).
Bagaimana hubungan FOO staff dengan CAPTAIN INCOMMAND?

Yaitu adanya hubungan kerja yang sangat erat, Setiap captain incommand yang akan bertugas menerbangkan pesawat sudah harus mempunyai gambaran bahwa dia akan menerbangkan pesawat ke kota tertentu berdasarkan schedulenya. Sewaktu captain melakukan reporting/ laporan ke foo office untuk mengambil flight plan (rencana penerbangan), maka petugas foo akan menjelaskan kepada captain  sebagai berikut:
  • Registrasi pesawat dan kondisi pesawat tsb, apakah pesawat tsb layak untuk melakukan penerbangan atau tidak
  • Parking stand
  • Estimate penumpang/kemungkinan ada special passanger, apakah itu VIP, orang sakit yang memerlukan pelayanan khusus seperti tandu, semua itu harus diinformasikan
Selanjutnya foo staff akan menjelaskan juga mengenai weather dalam perjalanan/enroute ataupun weather di bandara tujuan serta menginformasikan apabila ada infomasi khusus pada bandara keberangkatan/enroute dibandara tujuan serta pada bandara alternate. Maka selesailah tugas brefing dari foo staff terhadap captain. Selanjutnya  captain akan memberikan komentar apakah dia setuju ataupun ada hal-hal yang perlu ditanyakan. Demikianlah tugas dari foo staff kepada captain pesawat.

0 komentar:

Posting Komentar