24/09/12

TUGAS FOO ( Flight Operation officer )

Tugas FOO merupakan pekerjaan yang benar-benar penting dalam sebuah operasi penerbangan. Sebagai seorang FOO yang mempersiapkan dan melaksanakan rencana penerbangan. Melakukan perencanaan Penerbangan ( Performance and Planning )
Maka dari itu FOO menyiapkan kebutuhan suatu penerbangan yang aman, efisien dan tepat waktu antara lain :
-          FOO membuat cataan aircraft rotation, yakni mengatur pesawat mana yang akan dipakai pada penerbangan tersebut, hal ini cukup merepotkan karena banyak kendala antara lain pesawat yang rusak, pesawat pengganti datang terlambat dll.
-          FOO membuat rencana penerbangan dengan melihat NOTAM.
( Catatan kondisi khusus Penerbangan ) di departure Airport atau Destination Airport, TAFOR/METAR/SIGWx/Upper Wind Chart.
( hal ini berkaitan dengan Kondisi Cuaca, Suhu dan Tekanan Airport dan selama penerbangan berlangsung ).
-          FOO Membuat perencanaan jumlah bahan Bakar yang akan dipakai, biasanya setelah diketahui berat keseluruhan pesawat dari hasil perhitungan load sheet. Bahan bakar yang dibawa harus cukup dalam menempuh tujuan dan cadangan. Tak lupa bahwa fator cuaca sangat berpengaruh dalam pemakaian bahan bakar.
-          FOO membuat ATC – Flight Plan berisi data pesawat, jenis dan tipe pesawat, jam berangkat, jam masuk Flight Information Region (FIR).
-          FOO membuat load sheet, Untuk menentukan Jumlah berat yang boleh diangkut pesawat ( Berat pesawat = Bahan Bakar + Penumpang + Cargo + bagasi ), Hal ini perlu untuk menentkan akan kecepatan saat take off, an ujungnya tentu pemakaian bahan bakar.

0 komentar:

Posting Komentar